Persiapan Eropa

Persiapan ke Eropa

Apa aja yang perlu disiapin untuk travelling ke Eropa? Mulai dari paspor, visa Schengen, rencana perjalanan, tiket penerbangan, akomodasi, hingga cash money.

Paris, Prancis, Eropa, siapa sih yang ga pengen kesana? Kalaupun ada, kudu lihat artikel-artikel kita tentang beautiful city ini yah, mana tau berubah pikiran. Hehe… Jadi, ini memang impian Ms. Happy sejak dulu. Pengen banget ke Paris sama someone I love. Dan terwujud dengan travelling with my soul mate a.k.a partner in crime, Mr. Tummy. Semua persiapan kita kerjain sendiri. So, kita tau banget apa aja yang perlu disiapkan in details. Simak ulasannya disini ya…

Persiapan Eropa

Persiapan Eropa

  1. Paspor

Paspor harus masih berlaku at least 7 bulan sebelum keberangkatan ya. Saran kita sih, expiry date paspornya makin lama makin bagus karena kalau ada history travelling ke Eropa, ntar ke negara lain pasti gampang deh. Kan sayang juga kalau abis ke Eropa, trus ga lama balik langsung ganti paspor.

  1. Tentukan Destinasi

Benua Eropa kan banyak tuh negaranya. Baik itu Belanda, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Swiss, dll. Nah, kalau misalnya kita set honeymoon 10 hari, pasti ada dong prioritas negara yang mau kita explore lebih banyak. Misalnya, 3 hari Belanda, 5 hari Perancis, 2 hari Spanyol. Nah itu dari awal sudah harus kita planning itinerary-nya mulai dari Day 1 sampai Day 10 untuk memudahkan langkah selanjutnya, seperti beli tiket perjalanan, booking hotel, list tempat yang mau dikunjungi, dll.

  1. Apply Visa Schengen

Berhubung honeymoon kita ke Belanda, Perancis, dan Spanyol, kita cukup apply visa Schengen untuk masuk ke tiga negara tersebut. Karena itinerary kita 3 hari Belanda, 5 hari Perancis, 2 hari Spanyol, yang paling lama artinya di Perancis kan. Nah, kita wajib apply visa Schengen di kedutaan Perancis. Syarat apply visa Schengen ya itu, dimana paling lama stay, di kedutaan itu apply visanya. Meskipun rute kita sebenarnya Belanda-Perancis-Spanyol-Belanda. Jadi, keluar masuk lewat Amsterdam, tetep aja visanya dari Perancis.

Contoh lain kalau perjalanannya 11 hari, 4 hari Belanda, 3 hari Perancis, 4 hari Jerman. Artinya paling lama di Belanda dan Jerman kan. Nah, kalau sama gini, lihat dulu masuknya dari mana. Kalau masuknya lewat Belanda, berarti apply visanya di kedutaan Belanda.

Harga visa Schengen sendiri beda-beda loh, paling mahal katanya di kedutaan Perancis karena paling banyak dikunjungi wisatawan. Untuk ulasan lengkap cara apply visa Schengen, klik disini ya.

  1. Tiket Perjalanan dan Akomodasi

Berkaitan dengan aplikasi visa Schengen, kita wajib melampirkan tiket perjalanan dan booking hotel sesuai itinerary kita. Tiket perjalanan dan akomodasi udah kita issued and paid in advance meskipun belum dapat visa, karena emang syaratnya itu sih. Jadi, supaya ga ketar-ketir sama kapan visa di-approve, sebaiknya semua dipersiapkan at least 3 bulan sebelum keberangkatan.

Kalau preparation time kita lebih lama, kita bisa dapetin tiket pesawat, tiket kereta, dan hotel dengan harga yang lebih murah juga loh. Lumayan kan saving buat jajan disana nanti.

  1. EURO, USD, dan Kartu Kredit

Siapin mata uang EURO sesuai anggaran. Biasanya kita selalu bawa USD ke negara manapun karena paling gampang kalau mau ditukar. Hehe… Last option, kalau run out of cash money, bisa pakai kartu kredit juga kog. PRO-TIP: Kalau pakai kartu kredit, sebaiknya yang MASTERCARD, jangan yang VISA, soalnya secara pengalaman Mastercard nilai konversi rupiah ke mata uang asingnya lumayan bersahabat, ga kaya Visa, naujubilah mahalnya.

0 replies

Leave a Reply

Have something awesome to say?
Feel free to write it down here!

Have something super to say? Tell us below!