De Bijenkorf - Dam Square

HONEY in a Full MOON @ EUROPE (Part 1)

Pentingkah honeymoon? Yes, of course! Selagi masih hidup berdua, just enjoy your every moment together! Perjalanan bulan madu kita dimulai dari Amsterdam, a beautiful yet calm city in Netherlands. Banyak museum bersejarah seperti Rijksmuseum, Van Gogh Museum, atau Amsterdam Museum yang bisa dikunjungi. Jangan lupa untuk juga mampir ke Dam Square, tempat hang out dan shopping mall yang super populer di Amsterdam.

Buat Ms. Happy & Mr. Tummy yang hobi banget jalan-jalan + kulineran, HONEYMOON is a must! Prioritas kita selama persiapan pernikahan adalah PEMBERKATAN as the first things, HONEYMOON prioritas kedua, and the last one is WEDDING RECEPTION. Hehe… Balik lagi ya, setiap pasangan punya preferensi tersendiri, and this is us! Pssttt, rencana bulan madu udah kita pikirin sejak satu tahun persiapan pernikahan loh. Haha… Where to go? Gampang banget jawabnya. We chose PARIS, the most beautiful city in the world!

Karena Paris ada di Benua Eropa, kayaknya tanggung banget yah kalau ga mampir ke negara tetangga. Jadilah kita tentukan perjalanan 10 hari kita ke Amsterdam, Paris, dan Barcelona. Rute ini kita dapat dari hasil cek-cek tiket murah sih. Hehe…

Day 1

Lounge Bandara Soekarno-Hatta

Perjalanan dari Batam-Jakarta-Amsterdam. Tiket PP Jakarta-Amsterdam-Jakarta kena USD951.88/orang. Berangkat dari Jakarta itu  jam 7 malam dengan waktu perjalanan sekitar 16 jam. Karena perbedaan waktu di Eropa, kita sampai hari esoknya jam 6 pagi waktu setempat. Nah, biar ga jetlag, usahakan tidur terus yah di pesawat, jadi waktu kita sampai di Amsterdam, mata kita bisa melek.

Day 2

Amsterdam Schiphol Airport

Nyampe di Airport Schiphol Amsterdam, langsung beli I amsterdam City Card, harganya EUR65 untuk 48 jam. Ini kartu serba guna buat turis, bisa untuk transportasi umum, masuk museum, dan masuk tempat wisata lainnya. Wajib dibeli karena jadi super hemat. Ulasan lengkap mengenai I amsterdam City Card bisa diklik disini ya.

Dari bandara kita langsung cabut ke apartemen untuk check in dan istirahat sebentar. Ternyata kalau dari Schiphol ke kota, kudu beli tiket kereta EUR4.50 karena ga ter-cover sama I amsterdam City Card.

De Bijenkorf – Dam Square

Ga pake lama, langsung cabut shopping ke De Bijenkorf – Dam Square buat beli sepatu boot karena cuaca dingin. Di Batam susah cari sepatu begini. Hehe…

Amsterdam Museum

Dam Square emang tempat wisatawan, deket sini banyak tempat belanja dan museum. Kita mampir ke Amsterdam Museum, gratis masuk dengan I amsterdam City Card.

Rijksmuseum

Rembrandt’s masterpiece at Rijksmuseum

Abis itu lanjut ke Rijksmuseum yang terkenal itu guys… Terkenal karena banyak lukisan disini, termasuk Rembrandt’s masterpiece yang super populer! Di depan museum, kita bisa foto dengan tulisan I amsterdam juga loh. Tapi masuk sini kudu bayar EUR12.50 setelah dapet diskon EUR2.50 dengan I amsterdam City Card.

Van Gogh Museum

Lanjut deket sana ada Van Gogh Museum yang ga kalah terkenal. Cuma disini ga boleh foto-foto di dalem museumnya. Terpaksa cuma foto di luar deh…

Day 3

Amsterdam Centraal

Pagi-pagi udah cabut ke stasiun pusat kereta Amsterdam Centraal buat loncat ke Paris. Kereta berangkat pukul 8 pagi, kita nyampe persis 5 menit sebelum kereta jalan. Hampir aja telat. Fiuuhhh… *lap keringet dulu 😀 Perjalanan ditempuh selama 3 jam. Keretanya nyaman dan bersih banget.

Nyampe di Paris, we were sooo happy and excited. Pertama kali yang dituju adalah beli PARIS PASS, kartu kemana aja selama di Paris. Abis itu cabut ke Ibis Hotel untuk drop koper.

Notre Dame

Ga pake lama, langsung jalan-jalan ke Notre Dame. Gereja ini terkenal banget banget banget! Mr. BD foto sama ukiran 12 Rasul Yesus dipintunya. Kalau inget telenovela Esmeralda, disini nih kisah Quasimodo yang fall in love with her. Hehehe…

Pont de l’Archeveche

Deket sini ada jembatan Pont de l’Archeveche, tempat orang gantung gembok cinta mereka, termasuk kita! Hehehe…

Sightseeing kota Paris

Terus kita jalan-jalan sightseeing keindahan kota Paris, luar biasa cantiknya. Bahkan kantor polisi Prefecture de Police aja artistik banget bangunannya. Karena jaraknya deket-deket, kita bisa mampir banyak tempat, kayak Sainte-Chapelle, museum abstract art Centre Pompidou, dan lain-lain. Jalan kaki pun ga boring.

The best CREPES ever!

Banyak banget jajanan lokal yang kita cicipin, mulai dari raspberry ice cream on the street, French bread, crepes, and other main courses. Yang paling berkesan adalah CREPES NUTELLA! Wajib kalian coba kalau kesini ya.. Banyak kog yang jual, crepesnya lain sama yang di Indonesia.

Tips:

• Kemana pun kita pergi, tumbler is a must. Usahakan bawa botol minum kalau travelling Supaya bisa isi minum dimana pun dan mengurangi sampah botol plastik.
  • Kalau belanja di supermarket, ga dikasih kantong plastik, jadi selalu bawa tas serba guna yang bisa dilipet sampai kecil itu loh.
  • Siapin file folder atau tas dokumen kecil ukuran A5 untuk simpan semua tiket ataupun brosur selama perjalanan. Tujuannya biar informasi yang kita butuhkan di negara tersebut ga tercecer kemana-mana. Selain itu, kalau tiketnya mau disimpen, bisa jadi kenang-kenangan pas udah tua ntar. Hahaha…
  • Beli kartu selular negera setempat bakal sangat membantu kalau kita pergi sendiri tanpa tour guide. Kalau smartphone kita sudah aktif, jalan-jalan jadi lebih efektif dan efisien. Kalau nyasar, tinggal lihat Google Map, atau kalau mau cari informasi apapun, tinggal buka internet. Life is easier now. 🙂
  • Pas kita di Belanda, hujan terus, jadi mending bawa payung kecil deh dari Indonesia. Bisa cek informasi cuaca kota setempat juga ya sebelum berangkat.

To be continued……

HONEY in a Full MOON @ EUROPE (Part 2)

HONEY in a Full MOON @ EUROPE (Part 3)

Yuk baca artikel terkait lainnya