Petualangan Singkat ke Banyuwangi

Yuk simak petualangan singkat nan menarik di kota Banyuwangi! Mulai dari kuliner lezat, pantai yang super cantik, sampai oleh-oleh yang murah meriah, udah kita cobain disini.


Seperti ritual tahun-tahun sebelumnya, setiap libur hari kemerdekaan RI, kita selalu pulang kampung ke Semarang untuk merayakan ultah Mami Em, our lovely grandma. Tahun ini, sengaja kita agak lama di Jawa karena mau melipir ke beberapa kota lainnya, salah satunya Banyuwangi alias Sunrise of Java. Perjalanan kita tempuh dengan kendaraan pribadi biar ga repot ngurus si kecil. Kebetulan ada saudara yang tinggal disini, jadi sekalian jalan-jalan dan nginap semalam. Berhubung kita tipikal orang yang ga suka ngerepotin saudara, kita memilih untuk tinggal di hotel murah ala backpacker ketimbang tinggal di rumah saudara. Selain lebih leluasa, ga ngerepotin orang juga kan. Hehe…

Kita sampai di Banyuwangi pas siang hari, jadi sempet nyicipin kuliner khas Banyuwangi, Sego Tempong! Ulala… Urusan perut emang ga bisa ditunda, apalagi kalau udah kelaperaann… Saking lapernya, sampe lupa selfie sebelum dilahap habis. Haha… Abis kenyang, kita check in dulu di hotel, trus langsung melipir ke tempat saudara untuk nyulik doi jadi tour guide kita disini.

Kita dibawa ke salah satu pantai terkenal disini, namanya Pantai Plengkung.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

 

Pantai ini sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan G-Land. Disini banyak banget peselancar, baik dari lokal maupun turis asing. Pantainya bersih dan ombaknya bener-bener bikin pikiran damai dan tenang. Demen banget main kesini sambil ngelihat si kecil main pasir kegirangan. Sambil menikmati air kelapa, kita ngobrol asik sama saudara yang udah lama banget ga ketemuan. Ngobrol panjang lebar ga pake titik koma, ga berasa udah lewat dari jam 5. Cabut yuk…

Saatnya cari makan lagi! Kali ini kita nyobain kuliner khas lainnya, yaitu Rujak Soto. Ini salah satu kuliner populer di Banyuwangi loh. Dari namanya aja udah bikin penasaran kan, rujak + soto. Jadi ini kayak campuran rujak cingur plus soto daging. Rasanya unik dan bikin ketagihan. Enak banget!

Setelah perut senang hati bahagia, kita mampir ke salah satu toko oleh-oleh buat beli cemilan khas Banyuwangi, seperti kue bagiak, sale pisang, dan rengginang. Murah meriah aja, jadi belinya agak kalap. Hehe… Abis itu nganter balik saudara ke rumahnya dan langsung cabut ke hotel untuk istirahat. Fiuh… Capek tapi puas banget untuk petualangan hari ini.

Last but not least, I have reached another city in Java! Yeehaawww…..! 😀

2 replies

Leave a Reply

Have something awesome to say?
Feel free to write it down here!

Have something super to say? Tell us below!