selamat-jalan-iqbal

Selamat Jalan, Iqbal…

Teman kami, Iqbal Rois Kaimudin, telah meninggalkan kita semua setelah sekian lama berjuang melawan kanker rektum yang dideritanya. Selamat jalan, kawan… Tubuh boleh sirna tapi karyamu tetap abadi…

Jumat pagi saat sedang mandi, tiba-tiba Aji mengetuk pintu dan bilang “Iqbal sudah ga ada…”. I was like “Haahhh…??” #totallyshock dan semua memori tentang teman kami ini mulai muncul satu per satu di kepala. Selesai mandi, kami meneruskan pembicaraan, “Kapan?” tanyaku. “Semalam, jam 10 malam” jawab Aji.

Alm. Iqbal Rois Kaimudin

Alm. Iqbal Rois Kaimudin

Teman kami, Iqbal Rois Kaimudin, meninggal pada hari Kamis, 13 Oktober 2016 jam 10 malam di RS Awal Bros Batam setelah sekian bulan berjuang melawan kanker rektum yang dideritanya. Secara detail, kalian bisa baca kisah perjuangan almarhum melawan kanker rektumnya di blog pribadinya www.jalankemanagitu.com.

Acara JNE Bersama Blogger Kepri

Acara JNE Bersama Blogger Kepri

Kami mengenal sosok Iqbal saat bergabung di grup Blogger Kepri, kumpulan para blogger yang berdomisili di wilayah Kepulauan Riau. Saya sendiri pertama kali bertatapan langsung dengannya saat acara JNE di Kez’s Bakery & Restaurant bulan April lalu. Saat pertama kali ketemu, saya menilai almarhum sebagai sosok yang ramah dan ga sombong (tanpa menambahkan perasaan atau nilai positif karena almarhum telah tiada), mau mengajak ngobrol kami yang baru saja bergabung di Blogger Kepri. Kondisinya kayak ga fit saat di acara itu, tapi masih kelihatan kuat. Sejak hari itu, saya baru tahu kalau almarhum menderita kanker rektum.

Karena anggota Blogger Kepri setiap hari ngobrol di grup whatsapp dan sesekali almarhum nimbrung dengan pendapatnya untuk topik obrolan yang sedang dibahas, bagi saya, almarhum orangnya open minded and positive minded, dan sering nyambung dengan pola pikir saya. Enak aja kalau ngobrol atau baca chat almarhum di grup.

Ulang Tahun Alm. Iqbal yang ke-29

Ulang Tahun Alm. Iqbal yang ke-29

Tatap muka kedua saat kami bersama teman-teman Blogger Kepri datang ke rumahnya untuk merayakan ulang tahun almarhum yang ke-29, tanggal 5 Juni 2016 lalu. Wajahnya kelihatan senang banget dengan hadirnya kita di hari spesialnya. Ga disangka kalau hari itu merupakan tatap muka kami yang terakhir bersamanya. 🙁

Flash back ke seminggu sebelum kepergian almarhum, kami mendapat chat pribadi dari Teh Lina, ketua Blogger Kepri, yang menginformasikan kalau kondisi almarhum sedang tidak baik dan sedang dirawat di RS Awal Bros Batam. Saat itu, firasat saya pribadi sudah ga enakan. Beberapa temen Blogger Kepri ada yang janjian untuk menjenguk almarhum. Makin hari, makin kepikiran saya sama almarhum, ntah kenapa, padahal biasanya ga begini kalau denger almarhum lagi dirawat di RS. Kami udah rencana mau menjenguk almarhum Jumat sore, sekalian mau bawa Adel imunisasi di RS Awal Bros, abis itu langsung ke lantai atas untuk jenguk. Manusia memang hanya bisa berencana karena ternyata almarhum telah dipanggil lebih dulu sama Yang Maha Kuasa. Makanya, saat Jumat pagi itu dengar kabar duka, I’m just like “Damn… I should come earlier!”.

Istri & Anak Alm. Iqbal

Istri & Anak Alm. Iqbal (Hasfiriana & Adeeva)

Kami dan almarhum bukanlah teman yang sangat dekat, tapi rasanya kami sayang sama almarhum dan juga merasakan kehilangan atas kepergiannya. Terbesit dalam kepala, almarhum meninggalkan istri dan anak perempuannya yang baru saja merayakan ulang tahun pertamanya, hanya beda beberapa bulan dengan Adel, anak kami. Doa tulus yang kami sampaikan, semoga istri dan anaknya bisa melewati masa sulit ini dan memiliki masa depan yang baik meski tanpa kehadiran almarhum. Kami pun yakin bahwa tugas almarhum di dunia ini sudah selesai karena orang baik memang disayang sama Tuhan untuk segera berada di sisi-Nya.

Setiap kejadian yang kita alami, pasti ada hikmahnya. Melihat kepergian almarhum, kita semakin sadar kalau hidup kita ini ga tau bakal singkat atau panjang. Jadi, binalah hubungan baik dengan sesama, dengan tetangga, saudara, teman kerja, dan lainnya. Hindari pikiran negatif dengan orang lain karena jelas ga ada manfaatnya sama sekali. Perbanyak kebaikan agar hidup kita di dunia ini bisa bermanfaat bagi orang lain, agar saat kita dipanggil Yang Maha Kuasa, kita tidak hanya meninggalkan nama, tetapi juga meninggalkan karya yang selamanya bisa dikenang dan bermanfaat bagi orang lain.

Sekali lagi, selamat jalan kawan kami, Iqbal Rois Kaimudin…

Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Amin…

Kita juga sayang sama Blogger Kepri, semoga kedepannya semakin banyak melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi banyak orang. Keep in touch and stay together guys…

16 replies

Leave a Reply

Have something awesome to say?
Feel free to write it down here!

Have something super to say? Tell us below!